Rabu, 18 April 2012

Usaha Foto Copy


Jika anda ingin mempunyai usaha fotocopy atau copy center  tetapi masih bingung harus mulai dari mana, tidak perlu khawatir karena untuk saat ini banyak perusahaan yang menyediakan jasa jual mesin fotocopy dengan harga yang terjangkau. Dan peluang usaha foto copy masih sangat terbilang menjanjikan, hal ini didukung dengan mudahnya mendapatkan mesin fotocopy  dengan harga yang murah. Sebelum memulai usaha fotocopy ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal yang sangat mempengaruhi untuk usaha fotocopy. Apa saja yang perlu dipertimbangkan…
1. Lokasi, usahakan anda memilih lokasi yang dekat sekolah,universitas, ada baiknya anda melakukan pengamatan terlebih dahulu dengan cara melihat aktifitas saat jam istirahat  coba perhatikan berapa sering mereka melakukan aktifitas fotocopy, perhatikan juga sudah berapa tempat fotocopy yang terdapat dilokasi tersebut. Jika tempat yang ada selalu ramai, berarti peluang pasar masih ada.
2. Harga, usahakan jangan membuat harga terlalu mahal dan jangan terlalu murah ini untuk menjaga persaingan yang sehat.
3. Menjaga kualitas, disini kita dituntut untuk berani memberikan kuwalitas atau mutu lebih baik dibandingkan tempat yang lain, hal ini secara tidak langsung akan menarik pelanggan untuk menjadi pelanggan tetap.
4. Pelayanan, berikan pelayanan yang ramah dan profesional.
5. Modal cadangan dan supplier, usahakan selalu mempunyai stock terutama untuk barang yang terpakai/terjual seperti ATK, toner, kertas, dsb. Pastikan anda mendapatkan supplier yang baik dan pasokan yang cukup. Hal yang paling diperhatikan adalah jangan sampai disaat usaha sedang ramai, tetapi anda kehabisan stock, hal ini akan membuat pelanggan kita berpindah ketempat lain.
Setidaknya hal ini pernah dialami oleh Yeni retnowati pemilik usaha foto copy GMC.
Dimulai dari tahun 2005, beliau memulai usaha fotocopy yang bertempat didaerah Bekasi Jawa Barat dengan modal membeli mesin fotocopy dari sebuah perusahaan yang menyediakan jasa jual mesin fotocopy yaitu Global Fotocopy. Jasa yang diberikan fotocopy GMC  antara lain adalah jasa foto copy, penjilidan, laminating dan menjual alat tulis kantor.
Simulasi Laba Usaha Fotocopy
Pendapatan
Rp. 3.000.000 perminggu x 4 = Rp. 12.000.000,-/bulan
Pengeluaran
Biaya Pembelian Bahan Baku :
1. Rp 1.500.000,00  (pembelian kertas/bulan)
2. Rp   300.000,00  (pembelian tinta/bulan)
Biaya Operasional Perbulan
Gaji karyawan      = Rp    4.000.000,00 / bulan
Membayar Listrik   = Rp  900.000,00 / bulan
Biaya tak terduga  = Rp    500.000,00 / bulan
Keuntungan
Laba : Rp. 12.000.000,00 – Rp. 7.200.000,00 = Rp. 4.800.000,00 / bulan
Jika anda berminat dengan usaha fotocopy seperti diatas, beliau menyarankan untuk  membeli mesin fotocopy kepada perusahaan yang benar-benar memberikan pelayanan terbaik serta mempunyai nama baik di bidang jasa jual mesin fotocopy.
Tertarik…..???
Anda sedang membaca artikel Usaha Foto Copy dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.nusantaracopy.com/2012/04/usaha-foto-copy.html
Semoga ArtikelUsaha Foto Copy ini bisa bermanfaat.
Artikel Usaha Foto Copy Copyright © 2012 Nusantara Copy